body { font-family: Arial, sans-serif; color: #333; }

Replika Sekolah Laskar Pelangi Belitung, Wisata Edukatif yang layak untuk dikunjungi

Daftar Isi

Replika Sekolah Laskar Pelangi


Replika Sekolah Laskar Pelangi menjadi terkenal karena film Laskar Pelangi yang merupakan adaptasi dari novel laskar pelangi karya Andrea Hirata, memiliki cerita menyentuh tentang keinginan sekelompok anak-anak dari desa Belitung untuk belajar dan mengejar cita-cita mereka. Film laskar pelangi juga menyoroti kondisi pendidikan di daerah terpenci dan masih sangat minimal dan keterbatasan fasilitas yang dihadapi oleh anak-anak tersebut.


Sekolah Laskar Pelangi, kisah inspiratif yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata, telah menjadi salah satu film yang paling dikenal dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini menceritakan kisah anak-anak desa yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan layak di sekolah yang sangat sederhana.


Untuk mengenang kisah inspiratif ini, replika sekolah dari cerita film Laskar Pelangi dibangun di desa Lenggang, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Replika sekolah ini dibuka sebagai objek wisata sejak tahun 2010 dan dapat dikunjungi dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.


Sejarah Replika Sekolah Laskar Pelangi


Sejarah Replika Sekolah Laskar PelangiSekolah Laskar Pelangi adalah sebuah film yang disutradarai oleh Riri Riza dan berdasarkan pada novel karya Andrea Hirata. Film ini dirilis pada tahun 2008 dan mengisahkan tentang kehidupan siswa-siswi di sebuah sekolah di desa Belitung yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan.


Lokasi Replika Sekolah Laskar Pelangi dibangun di desa Lenggang, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Replika sekolah ini diresmikan menjadi objek wisata pada tahun 2010 dan sejak saat itu telah menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal di Belitung.


Fasilitas dan Aktivitas di Replika Sekolah Laskar Pelangi


Replika Sekolah Laskar Pelangi menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah dua buah ruang kelas dengan kondisi seadanya. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas seperti memeragakan kegiatan belajar mengajar, berfoto di depan bangunan sekolah, dan mendapatkan inspirasi dari replika sekolah tersebut.


Aktivitas paling populer di Replika Sekolah Laskar Pelangi adalah memeragakan kegiatan belajar mengajar. Para pengunjung dapat menjadi guru seperti yang diperankan oleh Cut Mini dalam film, atau menjadi salah satu dari 10 murid yang diperankan oleh Ikal, Lintang, dan Mahar. Ini adalah kesempatan yang baik untuk merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang guru atau murid di sekolah yang diceritakan dalam film Laskar Pelangi.


Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto di depan bangunan sekolah untuk mengabadikan momen saat wisata di laskar pelangi. Replika Sekolah Laskar Pelangi juga menyediakan spot-spot foto yang indah. Pengunjung dapat mengambil foto yang menakjubkan dan menarik untuk diabadikan sebagai moment saat berada di sekolah laskar pelangi.


Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Replika Sekolah Laskar Pelangi


Replika Sekolah Laskar Pelangi menyediakan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh para pengunjung. Salah satu aktivitas yang paling menarik adalah memeragakan kegiatan belajar mengajar dengan menjadi guru yang di film dilakukan oleh muslimah karakter yang diperankan oleh Cut Mini. Anda juga dapat menjadi 10 muridnya yang sebagai pengingat beberapa karakternya bernama Ikal, Lintang, maupun Mahar.


Selain itu, Anda juga dapat berswafoto di depan bangunan SD tersebut untuk mengabadikan momen wisata yang Anda miliki. Atau, Anda dapat sekedar mendapat inspirasi dari replika SD tersebut seperti beberapa pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Mereka datang ke sini karena terinspirasi oleh film Laskar Pelangi dan ingin melihat sekolah yang digambarkan di dalam film tersebut.


Replika Sekolah Laskar Pelangi Sebagai Objek Wisata Edukasi


Replika Sekolah Laskar Pelangi bukan hanya sebagai objek wisata biasa, namun juga sebagai objek wisata edukasi. Di sini, Anda dapat belajar tentang pendidikan di desa dan bagaimana anak-anak desa dapat belajar dengan seadanya namun tetap sukses. Film Laskar Pelangi sendiri menceritakan kisah anak-anak desa yang bersekolah di SD Muhammadiyah Gantong dan berjuang untuk mengejar impian mereka meskipun harus menghadapi berbagai kesulitan

Baca : 7 Tempat Wisata Belitung Timur yang Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata ke Replika Sekolah Laskar Pelangi


Untuk memaksimalkan pengalaman berwisata ke Replika Sekolah Laskar Pelangi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


  • Pastikan untuk membawa kamera atau perangkat perekam untuk mengabadikan momen di tempat wisata Belitung ini.


  • Jangan lupa untuk mengecek jadwal keberangkatan dan kedatangan transportasi umum sebelum berangkat, agar tidak terjadi keterlambatan.


  • Bawa juga bekal makanan dan minuman selama perjalanan, agar tidak terjadi kekurangan makanan atau minuman saat berada di tempat wisata.


  • Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang diperlukan


Replika Sekolah Laskar Pelangi di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur merupakan salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti memeragakan kegiatan belajar mengajar, berswafoto, dan mendapat inspirasi dari replika SD tersebut.


Objek wisata laskar pelangi menjadi salah satu pilihan wisata bagi para pengunjung yang ingin Berlibur di pulau Belitung. Replika Sekolah Laskar Pelangi ini juga merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mengabadikan momen wisata mereka dan mendapat inspirasi dari film Laskar Pelangi.